Sunday, April 29, 2012

John Denver : pencipta lagu leaving on the plane

Bertemu kembali denga sahabat Femista, di kesempatan ini Femista sedikit share tentang pencipta lagu leaving on the plane yang sekarang lagi booming di indonesia saat di bawakan oleh si cantik Dera idol 2012, sehingga ia mendapat pujian dari dewan juri indonesian idol 2012 diantaranya Ahmad Dhani, Anang Hermansyah, dan Agnes Monica... 

sahabat Femista tahu siapa John Denver ? yapzz John Denver adalah pencipta lagu leaving on the plane. berikut ini Femista share tentang Biodata, sejarah hidup dan karir John Denver (sang pencipta lagu leaving on the plane).

John Denver

John Denver

John Denver (lahir di Roswell, New Mexico, 31 Desember 1943 – meninggal di Pacific Grove, California, 12 Oktober 1997 pada umur 53 tahun) adalah penyanyi, pencipta lagu, dan aktivis politik Amerika Serikat yang membawakan lagu-lagu berirama country dan folk rock. Lirik lagu di awal kariernya sering berisi protes tentang keadilan sosial dan perang. Walaupun demikian, Denver juga dikenal dengan lagu bertemakan lingkungan hidup, seperti: "Take Me Home, Country Roads" (1971) dan "Rocky Mountain High" (1972). Kedua lagu tersebut sampai di urutan 10 teratas tangga lagu Amerika Serikat tahun 1971 dan 1973.[1]

John Denver dilahirkan sebagai Henry John Deutschendorf Jr. di Roswell, New Mexico. Ayahnya adalah penerbang Angkatan Udara Amerika Serikat. Denver dibesarkan di Oklahoma, Arizona, Alabama, dan Texas. Ia masuk Jurusan Arsitektur Universitas Texas Tech di Lubbock, Texas pada tahun 1961, dan mulai bermain musik di kedai-kedai kopi. Setelah putus kuliah pada tahun 1964, ia pindah ke Los Angeles. Kariernya sebagai penyanyi berawal dari bermain di kelab-kelab musik folk dengan nama panggung John Denver.

Pada tahun 1965, ia bergabung dengan Chad Mitchell Trio untuk menggantikan Chad Mitchell. Mereka dikontrak label Mercury hingga keluarnya Denver pada tahun 1969 untuk berkarier solo untuk label RCA Records. Album pertama John Denver adalah Rhymes and Reasons yang dirilis tahun 1969. Di dalamnya berisi sebuah lagu ciptaan Denver, "Leaving on a Jet Plane" yang sebelumnya pernah direkam bersama Chad Mitchell Trio. Setelah dinyanyikan kembali oleh Peter, Paul and Mary pada tahun 1967, "Leaving on a Jet Plane" menduduki peringkat pertama tangga lagu Amerika Serikat pada tahun 1969.

Pada tahun 1974, Denver sukses sebagai salah seorang musisi terlaris Amerika Serikat setelah "Sunshine on My Shoulders" dan "Annie's Song" menduduki urutan nomor satu tangga lagu AS dan Britania Raya. John Denver diangkat sebagai Pujangga Resmi negara bagian Colorado pada tahun 1977.


John Denver tewas pada 12 Oktober 1997 setelah pesawat bermesin tunggal yang dikemudikannya jatuh di lepas pantai Pacific Grove, California[2], tidak lama setelah lepas landas dari Bandar Udara Monterey Peninsula.

0 komentar:

Post a Comment